A. Format Cells
Dari kotak dialog yang tampil tentukan:
·
Category data yang di format:
- General : untuk memformat angka ke bentuk semula
- Number : untuk memformat angka ke bentuk desimal
- Currency : untuk pemberian simbol mata uang pada angka yang di
format serta pemberian angka desimal
- Accounting : untuk pemberian simbol mata uang pada angka
terformat
- Date : untuk memformat data angka yang berbentuk tanggal
- Time : untuk memformat data angka yang berbentuk jam
- Percentage : untuk pemberian lambang persen pada angka terformat
·
Setelah category dan pemformatan dilakukan klik OK
Dari kotak dialog yang tampil tentukan:
·
Text Alignment
- Horizontal : untuk perataan pada posisi horizontal (miring)
- Vertikal : untuk perataan pada posisi vertikal (berdiri)
·
Orientation : untuk
mengatur kemiringan teks terhadap posisi sel
·
Text Control
- Wrap Text : untuk pelipatan kata secara otomatis
- Shrink to fit : untuk menyesuaikan teks terhadap lebar kolom
- Marge cells : untuk menggabungkan baris/kolom terpilih
·
Langkah terakhir klik tombol OK
Dari kotak dialog yang tampil tentukan:
·
Font : jenis huruf
yang digunakan
·
Font style : efek pada
huruf yang digunakan
·
Size : ukuran huruf
yang digunakan
·
Underline : pemberian
garis bawah pada teks terpilih
·
Color : pemberian
warna pada teks terpilih
· Normal font : bila chek box pada Normal font ini diaktifkan maka
Font pada teks terpilih akan kembali ke Font normal yaitu : Font=Arial, Font
style=Regular, Size=10
·
Effects : untuk
pemberian effects pada teks terpilih
Dari kotak dialog yang tampil tentukan:
·
Line
- Style : bentuk garis yang digunakan
- Color : warna garis yang digunakan
·
Presets
- None : menghilangkan garis border yang telah dibuat
- Out line border : mengaktifkan garis border pada bagian pinggir
border
- Inside border : mengaktifkan garis border pada bagian tengah border
·
Border
Untuk menentukan sendiri letak garis border yang kita inginkan
B. Fungsi
Aritmatika
Operator matematika seperti :
(+) penjumlahan
rumusnya =sel1+sel2+... kemudian ENTER
rumusnya =sel1+sel2+... kemudian ENTER
(-) pengurangan
rumusnya =sel1-sel2-... kemudian ENTER
rumusnya =sel1-sel2-... kemudian ENTER
(*) perkalian
rumusnya =sel1*sel2*... kemudian ENTER
rumusnya =sel1*sel2*... kemudian ENTER
(/) pembagian
rumusnya =sel 1 / sel 2 kemudian ENTER
rumusnya =sel 1 / sel 2 kemudian ENTER
(^) pangkat
rumusnya =sel 1 ^ sel 2 kemudian ENTER
rumusnya =sel 1 ^ sel 2 kemudian ENTER
(%) persentase
rumusnya =sel 1 % kemudian ENTER
rumusnya =sel 1 % kemudian ENTER
C. Fungsi Statistik
·
Menjumlahkan data
=SUM(number1;number2....)
·
Menghitung nilai rata-rata =AVERAGE(number1;number2....)
·
Mencari nilai terbesar
=MAX(number1;number2....)
·
Mencari nilai terkecil
=MIN(number1;number2....)
Contoh penggunaan SUM, AVERAGE, MAX, MIN
untuk mencari jumlah di sel C12 =SUM(C5:C11)
untuk mencari nilai terbesar di sel D13 = MAX(D5:D11)
untuk mencari nilai terkecil di sel E14 =MIN(E5:E11)
untuk mencari nilai rata-rata di sel F15 =AVERAGE(F5:F11)
·
Mencari jumlah data yang berbentuk angka
=COUNT(number1;number2....)
- Menghitung jumlah data yang berbentuk angka dan huruf =COUNTA(number1;number2....)
D. Fungsi Absolut
Fungsi Absolut
merupakan fungsi yang digunakan agar penerapan fungsi atau perintah microsoft
excel dapat menyesuaikan perpindahan baris dan kolom. Fungsi Absolut dalam pemahamannya dapat dibagi menjadi 4 bagian :
- F4 - 1 Kali : Diperuntukan untuk data yang berada pada Kolom dan baris tetap ( data hanya 1. Example : $A$1
- F4 - 2 Kali : Diperuntukan untuk data yang berada pada BARIS tetap ( Pergerakan data secara horisontal atau posisi data horisontal ). Example : A$1
- F4 - 3 Kali : Diperuntukan untuk data yang berada pada KOLOM tetap ( Pergerakan data secara Vertikal atau posisi data Vertikal). Example : $A1
- F4 - 4 Kali : Untuk Menghilangkan fungsi absolute ( Kembali ke bantuk semula ). Example : A1
Buatlah tabel pada Microsoft excel seperti gambar dibawah ini :
Masukan Rumus Absolut Pada Cell B5 untuk cara mengunakan rumus lihat pada gambar dibawah ini:
Pada Cell (B5) Ketikan =B2 kemudian tekan F4 Pada Keyboard untuk membuat absolut secara otomatis B2 akan berubah menjadi $B$2 setelah itu kalikan dengan cell (A5) jadi bentuk rumus dalam cell B5 adalah =$B$2*A5
Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa harga 1 dolar adalah 9800 rupiah
E. Fungsi Lookup
1.
Vlookup
Fungsi ini dimanfaatkan untuk menyalin data dari tabel yang dibentuk secara
vertikal.
Bentuk:
=Vlookup(Sel_Kunci; Range_Tabel; Indeks_Kolom;
Range_Lookup)
2.
Hlookup
Fungsi ini dimanfaatkan untuk menyalin data dari tabel yang dibentuk secara
Horizontal.
Bentuk:
=Hlookup(Sel_Kunci; Range_Tabel; Indeks_Baris;
Range_Lookup)
Keterangan :
Sel_Kunci
|
:
|
merupakan kunci untuk pembacaan tabel
|
Range_Tabel
|
:
|
merupakan tabel acuan yang digunakan, range
ini dinyatakan dengan alamat absolut Fn F4 1kali
|
Indeks_Kolom
|
:
|
merupakan angka untuk menyatakan pengambilan
posisi dari suatu kolom dalam tabel. Indeks selalu dimulai dengan 1 untuk
kolom pertama pada range
|
Indeks_Baris
|
:
|
merupakan angka untuk menyatakan pengambilan
posisi dari suatu baris dalam tabel. Indeks selalu dimulai dengan 1 untuk
baris pertama pada range
|
Range_Lookup
|
:
|
Sel ini harus diisi dengan kondisi logika, yaitu TRUE atau FALSE
|
F. Fungsi
String/ Text
·
Left, untuk mengambil beberapa karakter dari dari suatu data dimulai dari
kiri
Bentuk :
=LEFT(data;banyaknya_karakter)
·
Right, untuk mengambil beberapa karakter dari dari suatu data dimulai dari
kanan
Bentuk :
·
Mid, untuk mengambil beberapa karakter dari dari suatu data dimulai dari
karakter tertentu
Bentuk :
·
Upper, untuk mengubah huruf menjadi huruf besar
Bentuk :
=UPPER(data)
tekan
ENTER
·
Lower, untuk mengubah huruf menjadi huruf kecil
Bentuk :
=LOWER(data)
F. Fungsi
Logika
Guna Fungsi
If: Untuk mencari jawaban dari beberapa alternatif.
Bentuk:
=If (Syarat_Sel_Kunci;Aksi_Benar;Aksi_Salah)
Syarat terdiri
dari Sel kunci operator relational data, misalnya “=”, “<”, “>”,
“<=”, “>=”, “< >”.
Jika Anda
menggunakan data text pada syarat atau perintah, penulisan harus diapit dengan
tanda petik ganda.
Contoh soal fungsi if
Contoh soal fungsi if
misal kita ingin mengisi kolom nama barang, maka
setelah itu tekan ENTER, lalu hasilnya
agar semua sel terisi, maka kita gunakan series
kolom nama barang sudah terisi.
Fungsi Sum if
SUMIF adalah sebuah fungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita.
Contoh soal penggunaan sum if
misalnya dari soal di atas kita ingin mencari jumlah mouse yang terjual maka kita tulis rumus =SUMIF(B5:B14;"=mouse";C5:C14), lalu tekan ENTER Hasilnya
untuk mencari jumlah headshet dan keybord yang terjual juga menggunakan rumus yang sama seperti diatas, hanya mengubah kriterianya
Fungsi Average If
AVERAGEIF adalah sebuah fungsi untuk mencari nilai-nilai rata-rata yang terdapat
pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu
pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita.
Contoh soal penggunaan Average if
misalnya kita ingin mencari rata-rata nilai pria, kemudian ketik rumusnya seperti di bawah
setelah itu tekan ENTER, muncul hasilnya
COUNTIF adalah sebuah fungsi untuk menghitung banyaknya data dari range data yang tersedia namun didasarkan pada kriteria yang diinginkan.
Contoh soal penggunaan Count If
Misalnya kita ingin mencari jumlah hadir maka kita bisa menggunakan rumus Countif dengan menggunakan kriteria "X"
kemudian ENTER, hasilnya 5. lalu agar semua kolom terisi kita bisa langsung series ke bawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar